Book Review – Flambé (Club Cemilan)

Published January 21, 2015 by thejewelholic

Sinopsis:

Ini adalah kisah tentang perempuan dalam merayakan pahit-manis hidup dan cinta yang selalu berkobar-kobar seperti api dalam hidangan ala Flambé.

Langit adalah single mom dengan seorang anak perempuan. Setelah bercerai, ia menjalin hubungan dengan Frey lalu bersama-sama mereka membuka Kafe Kuali. Namun, kenyamanan hidup ternyata membuat Langit berpaling pada perempuan lain. Akankah hubungannya dengan Frey yang sudah terjalin selama delapan tahun bubar begitu saja?

Ola adalah mahasiswi yang menyambi sebagai penari. Selain itu, ia membantu ibunya membuat kue yang dititipkannya di Kafe Kuali. Kesibukannya mengurus keluarga dan kuliah membuat Ola tak pernah menyangka bakal jatuh cinta pada Crissy, teman kuliahnya. Akan tetapi, Ola memilih memendam perasaannya daripada ketahuan naksir gadis itu.

Sementara itu, Seana perempuan cantik yang sukses berkarier sebagai broker properti dihadapkan pada keharusan untuk menikah. Padahal selama setahun belakangan dia menjalin hubungan dengan Gina. Satu-satunya cara bagi Seana untuk menolak perjodohan adalah dengan coming out. Tapi mampukah dia melakukannya? Para perempuan ini berinteraksi di Kafe Kuali. Seperti kuali yang menampung semua serpihan-serpihan masakan, di sanalah semua keluh kesah tentang kehidupan saling dibagi.

tumblr_inline_nbxbkfI16x1qb7t48

The Review:

Seperti yang bisa dilihat dari sinopsisnya, Flambe bercerita tentang kehidupan tiga pasangan lesbian. Langit-Frey, Ola-Crissy dan Seana-Gina, masing-masing memiliki kisahnya sendiri yang membuat sang penulis memilih untuk menceritakan segala hal yang dialami dan dirasakan oleh semua tokoh utama tersebut. Menurut saya, penulis terlalu banyak menceritakan detail kejadian dan suasana hati setiap tokohnya. Belum lagi pada bab pertama pembaca disuguhkan tokoh lain bernama Verna yang memiliki kisah sendiri yang porsinya hampir setara dengan ketiga pasang tokoh utama. Hal ini menyebabkan fokus cerita menjadi agak kabur. Walaupun ini dilakukan penulis mungkin agar pembaca tidak kehilangan arah cerita dan juga untuk membangun feel.  Namun, terlepas dari hal tersebut Flambe adalah sebuah novel yang memiliki daya pikatnya sendiri. Tema homoseksual, dalam hal ini lesbian, belum banyak diangkat menjadi cerita utama oleh para penulis tanah air. Tema yang sangat sensitive ini bisa dituangkan dengan baik oleh sang penulis. Alur ceritanya mudah dipahami dan gaya bahasanya juga sangat mudah dimengerti. Walaupun masuk kedalam genre novel dewasa dan bertemakan homoseksual, Flembe bisa dikatakan sangat ringan.

Lesbian bukanlah sebuah penyakit dan perbedaan orientasi seksual bukanlah sebuah penghalang bagi masyarakat untuk bersosialisasi. Saling menghargai perbedaan, mungkin hal ini yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Tak akan ada yang bisa menyakitimu kecuali kamu mengizinkannya, Ola!  – Ola, Flambe, hlm. 197

Setiap orang punya kisah cintanya masing-masing, bahkan para homoseksual.

Judul               : Flambé

Penulis            : Club Cemilan

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama

Terbit               : Cetakan pertama, 2014

Ukuran             : 13.5 x 20 cm

Tebal               : 304 halaman

Harga               : Rp. 60.000,-

Rate                 : 3,5/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: