Book Review – The Cuckoo’s Calling (Cormoran Strike #1)

Published November 18, 2014 by thejewelholic

The Cuckoo’s Calling karya Robert Galbraith atau dalam versi bahasa Indonesianya berjudul ‘Dekut Burung Kukuk’. Sebenernya udah lama gw baca novel ini, tapi baru sekarang pengen nulis reviewnya. So, here we go.

Summary/Sinopsis

Seorang detektif swasta bernama Cormoran Strike disewa oleh John Bristow, kakak angkat dari supermodel ternama Lula Landry. Bristow ingin Strike menyelidiki kasus bunuh diri adiknya. Charlie, saudara Bristow lainnya adalah teman sekolah Strike. Ia tewas setelah terjatuh ke dalam tambang saat mengendarai sepedanya. Strike juga bertemu dengan Robin, sekretaris sementara yang ditunjuk untuk membantu Strike, meskipun ia tidak menginginkannya. Sementara itu, hidup Strike sendiri sedang kisruh. Kasus ini memberinya kelonggaran dalam hal keuangan, tapi menuntut imbalan pribadi yang mahal: semakin jauh dia terbenam dalam kasus ini, semakin kelam kenyataan yang ditemuinya, dan semakin besar bahaya yang mengancam nyawanya.

re_buku_picture_87378

The Review

Pertama dari segi penokohan bagi gw tokoh utamanya yaitu Cormoran Strike kurang orisinil. Entah kenapa gw ngerasa penulisnya menggabungkan antara detektifnya Agatha Chistie (Hercule poirot) dan detektifnya Sir Arthur Conan Doyle (Sherlock Holmes). Ada saat-saat dimana gw ngerasa ‘ok, gw kayak lagi baca novelnya Agatha’ soalnya cara Cormoran menyelidiki kasus kurang lebih mirip sama Hercule Poirot atau ‘Ini berasa kayak lagi baca Sherlock’ karena Cormoran dan Sherlock sama-sama punya asisten yang bagi gw sifatnya mirip Cuma beda gender. Tapi tentu aja mungkin cuma gw sendiri yang ngerasa kayak gini dan sekali lagi gw bilang ini terjadi karena penokohannya. But I like Mr.Strike (as long as he didn’t fall in love with his assistant, Robin. Yup, I don’t like office affair).

Kedua dari segi cerita (lagi-lagi cuma) menurut gw kurang mengejutkan untuk sebuah novel fiksi kriminal. Gw bisa dengan mudah menebak siapa pembunuh sebenarnya. Tetapi dari dua kekurangan itu bukan berarti novel ini tidak menarik. Novel ini berhasil menghibur gw. Soal alur bercerita dan gaya bahasa (versi terjemahan bahasa Indonesia) sangat mudah dimengerti dan gak rumit jadi enak untuk dibaca karena ringan.  Its fun to read dan mengingat sang penulis adalah juga penulis Harry Potter, well, J.K Rowling berhasil debut dengan genre baru. Efek yang paling penting dari buku ini buat gw adalah gw jadi pengen baca series Cormoran Strike yang kedua (The Silkworm) dan pengen ngelanjutin baca The Casual Vacancy yang baru 4 bab gw baca.

Happy reading🙂

Leave a Reply

