Pentas Teater “Apakah” ~ Bisul-Bisul Majapahit

Published March 28, 2011 by thejewelholic

Gw nge-post pake bahasa ‘ibu’ lagi gx papa yah,,hehe

Seperti yg udah gw jabarin di postingan pertama gw tentang Sanggar Seni gw d kanpus, gw tergabung d divisi Teater “Apakah”. Nah, Tahun 2009 lalu qta sempet bikin sebuah pementasan yang bertajuk “Bisul-Bisul Majaphit”. Waktu itu gw sebagai ketua divisi Teaternya (cieeeee,,pamer,, ^^) berusaha supaya jaman kepemimpinan gw gx kalah eksis ma jaman2 kepemimpinan sebelumnya (berasa udah dari jaman batu tuh teater eksis,,haha),,,

ok, langsung ketahapan produksi, latihan dll-nya yeee,, ^^

Tahapan awal pementasan ini jelas d mulai dengan rapat-rapat-rapat-rapat-rapat. Rapat apakah?? Rapat anggota Teater ‘Apakah” pastinya. Qta ngomongin mw bikin pentas yang bertema apa? Naskahnya siapa? Kapan Pementasannya? Butuh berapa SDM? dan berbagai macam hal yang rebek lainnya. Setelah hari-hari rapat yang cukup memakan waktu, d bantu oleh senior-senior yang udah lulus dan anggota Sanggar divisi lainnya, diputuskanlah klo qta bakal mementaskan Sebuah Naskah bertajuk ‘Bisu-Bisul Majapahit’ yang mana naskah tersebut bakal d ‘permak’ dulu sebelumnya oleh salah satu anggota teater kami yaitu Mas Todi dan akan d pentaskan pada bulan Agustus tanggal 8 tahun 2009.

Setelah proses pemilihan Tema, Naskah dan Waktu pementasan, kami beranjak pada pemilihan Pemain atau Player. Untuk tahap yang satu ini kami melakukan proses Audisi atau Casting (Aseeeeekkk,,hihihi). Biarpun gw ketuanya, tapi tetep aja gw musti d casting juga, secara gw bukan jagonya teater,,hehehe,,sebagai juri atau tim penilainya (berasa Indonesian Idol gx sih???!!!hehehe) adalah kakak-kakak Sanggar ‘Apakah’ dari Divisi Teater pastinya yang sudah lebih berpengalaman. Waktu itu ada Mas Todi, Mas Angga, and Mbak Dini (yg satu ini adalah wanita cantik yang sebenarnya waktu itu sudah menjadi dosen muda di Fakultas Hukum UGM tapi masih peduli ma sanggar, Thx buat mabk yang satu ini ^^). Satu-satu anak Sanggar d casying, gx cuma yang divisi teater aja, tapi dari semua divisi, soalnya satiap bikin kegiatan semua divisi pasti terlibat. Akhirnya terpilihlah semua player untuk pementasan kali ini.

Oh ya,,sekilas tentang cerita dari naskah pementasan in y,,background ceritanya adalah kerajaan majapahit. Saat itu raja Majapahit bertindak sewenang-wenang terhadap rakyatnya. Dy punya banyak selir bahkan meniduri istri tabibnya yang bernama Tabib Tanca. Lalu ia mendapat penyakit aneh berupa bisul-bisul yang merupakan kutukan dewa dan akhirnya mati karna di bunuh oleh Tanca.

Yaa,,kembali pada casting tadi. Player yang terpilih adalah….

Gw ^_^ as Rakyat 1

 

 

 

Anggit as Rakyat 2

 

 

 

 

 

Jaws as Rakyat 3

 

 

 

 

Pras as Rakyat 4 and Raja

 

 

 

Wida as Ibu Suri

 

 

 

 

Eka as Tanca

 

 

 

 

Nana as Istri Tanca

 

 

 

 

Norman as Patih

 

 

 

 

Boy as Gadjah Mada

 

 

 

 

Aldy as Ajudan

 

 

 

Ndari as Penari 1 (skaligus sebagai anak gw ceritanya)

 

 

 

Asa as Penari 2

 

 

 

 

Ike as Penari 3

 

 

 

 

Kenapa ada penarinya???soalnya ini adalah Teater Musikal. Selain ketiga Penari itu, Rakyat2nya juga ikutan nyanyi and nari. hohoho..

Setelah Proses pemilihan player di mulailah proses reading naskah. Proses ini dilakukan dengan cepat karna qta di buru waktu. Soalnya udah masuk bulan Mei (klo gx salah,,hehe). Abis reading qta lanjut ke proses latihan. Naaah,,tim udah mulai d bagi jadi 2. Team Produksi, yang nyiapin publikasi, dokumentasi, dana, dll. Sama team Artistik, kaya Sutradara, Penata Gerak, costume and make up, Lighting dll. Para Player masuk ke team artistik pastinya. Dan dimualailah sesi latihan yang menguras waktu, tenaga bahkan biaya,,hahaha,,

 

Akhirnya sampailah qta pada saat-saat yang berbahagia,,Gx salah,,makin dekat Hari pementasan makin degdegan rasanya. Dua hari sebelum pentas, All player udha mulai nginep d tempat pentas. Latihan-latihan-latihan, supaya menguasai panggung klo kata sutradara kami. Dan tibalah Tanggal 8 di bulan Agustus tahun 2009 itu. Pentas pun di gelar. Kami mengundang seluruh Komunitas teater yang ada di Yogyakarta dan pastinya seluruh pecinta seni teater sangat di perbolehkan untuk datang. Peantas berjalan lancar. Banyak yang hadir (100 orang lebih, daftar tamunya hilang,,hehehe) dan (menurut sepengetahuan kami) para penonton menikmati pertunjukan malam itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terimakasih untuk para Senior-senior (Mas Angga,Mas tody, Mbak dini, Mas didi, Mas Cahyo, Mbak Lenggang dll) yang telah membantu berlangsungnya pementasan kami. Terimakasih untuk saudara-saudara quw anggota dan simpatisan Sanggar ‘Apakah’ Fakultas Hukum UGM (Nesia, Risma, Ryan, CK, mbak pita, Mas dicky, Mas Ade, Mas Rembol,Mbak Rusda dll). Terimakasih untuk teman-teman kos quw (Lita, Ayu, Hari, Yurista, Manda) yang sudah hadir dan terimakasih untuk semua penonton malam itu. ***Big hug***KIss Kiss**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: